PkM Mandiri Dosen "Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan"
Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Jadi BBM
Dosen Prodi Teknik Mesin dan Elektronika Politeknik Jambi mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pengolahan Sampah 3R Gading RT 20 Kelurahan Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, 5 April 2022. Kegiatan ini mengangkat tema Pengelolaan Sampah Jenis Kantong Kresek
Pelatihan TIK Pada Suku Anak Dalam (SAD)
Pelatihan TIK untuk Anak-Anak Suku Anak Dalam Di bukit 12 Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun
Transfer Knowledge Bersama Rumah BUMN Kota Jambi
Transfer Knowledge bersama Rumah BUMN Kota Jambi
PkM : Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Jadi BBM

PkM : Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Jadi BBM

Dosen Prodi Teknik Mesin dan Elektronika Politeknik Jambi mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pengolahan Sampah 3R Gading RT 20 Kelurahan Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, 5 April 2022.

Kegiatan ini mengangkat tema Pengelolaan Sampah Jenis Kantong Kresek Menjadi Bahan Bakar Minyak.

Dipilihnya pengolahan sampah 3R Gading yang dipimpin oleh Satria Budi ini dikarenakan bank sampah ini sangat produktif dalam mengelola 3R (Reuse, Reduce, Recycle)nya sampah karena bank sampah ini tergabung dengan Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara (PERBANUSA) DPD Kota Jambi selain lokasinya yang sangat strategis karena berada di belakang pasar induk aurduri Kota Jambi dengan lahan yang sangat luas.

Bank sampah ini bukan hanya memilah milah sampah namun juga melakukan proses 3R terhadap sampah organik maupun anorganik.

Peserta pelatihan terdiri dari karyawan Pengolahan Sampah 3R Gading, Pemuda-pemudi karang taruna RT 20 Kelurahan Penyengat Rendah dan anggota PERBANUSA serta dihadiri oleh ketua RT 20 Baharuddin sebagai pembina Karang Taruna di RT ini.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Politeknik Jambi Sigit Kurniawan, M.Si dan sambutan serta arahan dari Kasi Pengelolaan Sampah DLH Kota Jambi Santoso serta dilanjutkan dengan penyampaian materi pengelolan sampah non organik jenis plastik kantong kresek oleh dosen Prodi Teknik Mesin Politeknik Jambi Novarini, M.T. Setelah penyampaian materi dilakukan praktek langsung mengolah kantong kresek menggunakan mesin pirolisis berkapasitas 2,5 kg secara bersama-sama dengan peserta pelatihan.

Para peserta sangat antusiasme terhadap pelatihan ini seperti yang terlontar dari salah satu peserta yang menyatakan “Harga LPG sudah naik, kedepan balik saja ke kompor minyak tanah menggunakan minyak ini (minyak yang dihasilkan dari proses pirolisis sampah kantong kresek)”.

PKM ini berupaya memberikan pengetahuan secara umum dan praktek atas permasalahan sampah plastik jenis kantong kresek yang selama ini disisihkan saja saat proses memilih jenis-jenis plastik lainnya yang bernilai jual. Diharapkan kedepannya Bank Sampah 3R ini akan termotivasi untuk melakukan Recycle terhadap kantong kresek.

Sementara itu dipenghujung acara, Satria Budi, mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Jambi, yang telah memberikan pelatihan Pengolahan Sampah Kantong Kresek Menjadi bahan Bakar Minyak.

“Harapan saya, kedepannya Bank Sampah 3R bisa memiliki mesin pirolisis ini untuk melakukan recycle sampah jenis kantong kresek karena sampah ini juga ditampung pada bank sampah 3R dan selama ini tidak terjual”.

Grafik 1 Grafik 2 Grafik 3